Senin, 02 September 2019

Cara Menampilkan Grub Ubuntu Yang Hilang Setelah Install Windows


Beberapa hari yang lalu saya menginstall Ubuntu 16.04 LTS, disini saya ingin membuat dual boot Windows 7 dan Ubuntu 16.04 LTS. Setelah menginstall Ubuntu 16.04 LTS GRUB Ubuntu tidak muncul, melainkan langsung menuju ke Windows.

Setelah saya mencari dan mencoba berbagai cara sayapun menemukan alternatif untuk membuat GRUB Ubuntu tersebut muncul. Untuk cara ini mungkin bisa membantu anda yang mengalami hal yang sama dengan saya. Kita membutuhkan sebuah software yaitu EasyBCD untuk membuat bootloder Ubuntu adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :
  • Download EasyBCD pada link yang telah saya sediakan
  • Install EasyBCD seperti biasa di windows anda hingga selesai
  • Jalankan EasyBCD yang sudah di install tadi
  • Buat entry baru dengan mengklik Add New Entry untuk menambahkan opsi Ubuntu 16.04 LTS
  • Setelah anda mengklik Add New Entry Pilih Tab Linux/BS
  • Pada Bagian Type pilih GRUB (Legacy)
  • Pada Bagian Name Ketikkan Ubuntu 16.04 LTS
  • Pada Bagian Drive pilih partisi boot dimana anda menyimpan bootloader ubuntu
  • Kemudain Klik Add Entry. Pastikan sesuai gambar dibawah ini
  • Setelah itu Klik Edit Boot Menu, centang windows 7 seperti gambar dibawah ini
  • Restart Komputer/Laptop. Nanti anda akan melihat pilihan booting Windows 7 dan Ubuntu 16.04 LTS
Selamat mencoba !! Semoga bisa membantu anda yang yang kehilangan GRUB Ubuntu.

Download EasyBCD disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar